Ahmad Rifaie Al Ahmadi Idrisi: Menambah Kata "Sayyidina" Sebelum Nama Nabi Muhammad Saw


Search This Blog

Menambah Kata "Sayyidina" Sebelum Nama Nabi Muhammad Saw



(Lembaga Fatwa Mesir)

Apa hukum menambahkan kata "sayyidina" sebelum nama Nabi Muhammad saw., serta para ahlul bait dan wali-wali Allah yang saleh?

Jawapan: Mufti Agung Prof. Dr. Ali Jum'ah Muhammad (Mufti Mesir)

Nabi Muhammad saw. adalah sayyid (penghulu/pemimpin) seluruh makhluk. Hal ini berdasarkan ijmak seluruh kaum muslimin. Nabi saw. sendiri telah menjelaskan hal itu dalam sabda beliau.

"Saya adalah sayyid (penghulu) anak Adam."

Dalam riwayat lain,

"Saya adalah sayyid (penghulu) manusia." (Muttafaq alaih).

Di dalam Alquran, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk menghormati dan mengagungkan beliau. Allah berfirman,

"Sesungguhnya Kami mengutus kamu sebagai saksi, pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama)Nya, membesarkan-Nya. Dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang." (Al-Fath: 8-9).

Salah satu bentuk penghormatan dan pengagungan ini adalah dengan menyebutnya sebagai sayyid. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Qatadah dan Suddi, "Makna tuwaqqiruhu (memuliakannya) adalah tusawwiduhu (mensayyidkannya/memuliakannya)."

Para sahabat juga telah menggunakan kata ini dalam perbincangan mereka. Diriwayatkan dari Sahl bin Hunaif r.a.,dia berkata, "Pada suatu hari kami melewati suatu aliran air. Saya lalu menceburkan diri kedalamnya dan mandi di sana. Ketika selesai saya terkena demam. Keadaan saya itu lalu diceritakan kepada Rasulullah saw., maka beliau bersabda,

"Suruhlah Abu Tsabit untuk berta'awudz." Lalu saya bertanya kepada beliau, "Wahai Sayyidi, apakah ruqyah itu bermanfaat?" Beliau menjawab, "Tidak boleh melakukan ruqyah kecuali kerana ‘ain, sengatan haiwan beracun dan sengatan kalajengking.” (HR. Ahmad dan Hakim. Hakim berkata, “Sanadnya shahih.”).

Para sahabat juga menggunakan kata “sayyid” ini dalam lafaz salawat yang mereka ucapkan. Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud r.a., dia berkata, “jika kalian mengucapkan salawat kepada Rasulullah saw. maka gunakanlah kata-kata yang baik. Kerana kalian tidak tahu mungkin saja salawat itu dihadapkan kepada beliau.” Para murid Ibnu Mas’ud lalu berkata, “Kalau begitu ajarilah kami kata-kata yang tepat untuk bersalawat.” Ibnu Mas’ud menjawab, “Katakanlah, “Ya Allah, jadikanlah salawat-Mu, rahmat-Mu dan keberkatan-Mu untuk sayyid (penghulu) para Rasul, pemimpin orang-orang yang bertakwa dan penutup para nabi, Muhammad, hamba-Mu dan rasul-Mu, pemimpin kebaikan, panglima kebaikan, rasul pembawa rahmat,….” (HR. Ibnu Majah dan dihasankan oleh Mundziri).

Riwayat yang sama juga diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a. oleh Ahmad bin Mani’ dalam musnadnya, dan dia menghukuminya sebagai hadis hasan dengan syawahidnya (penguat-penguatnya).

Adapun penyebutan kata sayyid untuk para makhluk yang lain selain Nabi saw., maka hal itu juga disyariatkan berdasarkan nash Alquran, Sunnah dan perbuatan umat secara terus menerus tanpa ada pengingkaran terhadapnya. Dalam Alquran, penjelasan mengenai hal ini disebutkan dalam firman Allah,

“Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan salat di mihrab (katanya), ‘Sesungguhnya Allah mengembirakan kamu dengan kelahiran (seorang putramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh.” (Ali ‘Imran: 39).

Imam Qurthubi berkata, “Ayat ini menjelaskan kebolehan penamaan seseorang dengan kata sayyid, sebagaimana kebolehan pemberian nama seseorang dengan aziz atau karim.”

Disebutkan juga dalam Alquran,

“Kedua-duanya mendapati suami wanita itu di muka pintu”. (Yusuf: 25).

Sedangkan dalam Sunnah, Nabi saw. pernah bersabda mengenai  Hasan dan Husein radhiyallahu ‘anhuma,

“Hasan dan Husein adalah sayyid (penghulu) para pemuda syurga.” (HR. Tirmidzi dan Hakim. Keduanya menshahihkan hadis ini).

Rasulullah saw. juga pernah bersabda mengenai Hasan bin Ali,

“Sesungguhnya cucuku ini adalah sayyid.” (HR. Bukhari).

Juga sabda Rasulullah saw. kepada Fatimah a.s.,

"Wahai Fatimah, apakah kamu tidak rela untuk menjadi sayyidah (penghulu) para wanita syurga.” (HR. Bukhari).

Sabda beliau mengenai Saad bin Muadz r.a.,

“Sambutlah sayyid (pemimpin) kalian.” (HR Bukhari).

Rasulullah saw. juga pernah bersabda kepada Bani Salamah,

“Siapakah sayyid (pemimpin) kalian, wahai Bani Salamah?”
Mereka menjawab, “Sayyid kami adalah Jadd bin Qals. Hanya saja kami menganggapnya sebagai orang yang pelit(kikir/lokek).”
Beliau berkata, “Penyakit mana yang lebih merusak dari pelit? Yang tepat, sayyid kalian adalah ‘Amr bin Jamuh.” (HR. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad).

Dalam riwayat lain,

“Sayyid kalian adalah Bisyr bin Barra’ bin Ma’rur.” (HR. Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir).

Dan masih banyak lagi dalil yang menyebutkan mengenai kebolehan menyebut sayyid kepada para makhluk.

Adapun perbuatan umat yang terus menerus, misalnya adalah ucapan Umar mengenai Abu Bakar dan Bilal, “Abu Bakar adalah sayyid kami dan telah memerdekakan sayyid kami.” (HR. Bukhari). Juga perkataan Ali mengenai anaknya, Hasan, “sesungguhnya anakku ini adalah sayyid sebagaimana dikatakan oleh Nabi saw.” (HR. Abu Dawud).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwa dia berkata Hasan bin Ali, “Wahai sayyidku.” Lalu seseorang bertanya, padanya, “Kamu mengatakan, ‘Wahai sayyidku?’ Abu Hurairah menjawab, “Saya mendengar Rasulullah saw. mengatakan bahwa dia adalah sayyid.” (HR. Nasa’i dalam ‘Amal al-Yaum wal-Lailah).

Penyebutan-penyebutan ini dengan tanpa adanya pengingkaran dari para sahabat yang lain menjadi ijmak sukuti(al-Iqrari). Dan ijmak sukuti itu adalah salah satu dalil syarak, sebagaimana dijelaskan dalam ilmu Ushul Fikih. Sejak zaman dahulu, umat Islam telah terbiasa memberi gelar sayyid kepada para keluarga Nabi saw. (ahlul bait) yang berasal dari keturunan Hasan dan Husein a.s.. Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud r.a. dia berkata, “Sesuatu yang menurut kaum muslimin adalah perbuatan baik, maka menurut Allah itu adalah baik. Dan sesuatu yang menurut kaum muslimin adalah perbuatan buruk, maka menurut Allah itu adalah buruk.” (HR. ahmad).

Dengan demikian, penyebutan kata sayyid kepada para ahlul bait dan para wali Allah adalah perbuatan yang disyariatkan, bahkan dianjurkan kerana mengandungi sikap sopan santun, penghormatan dan pemuliaan terhadap mereka. Nabi saw. pernah bersabda,

“Bukan termasuk golongan kami orang yang tidak menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih kecil serta mengetahui hak ulama.” (HR. Ahmad dan Hakim serta dia shahihkan dari Ubadah bin Shamit r.a.).

Wallahu subhanahu wa ta’ala a’lam.

Menambah Kata "Sayyidina" Sebelum Nama Nabi Muhammad SawSocialTwist Tell-a-Friend

0 comments:

Popular Posts

Segala bahan bacaan disini adalah untuk umum dan HAK CIPTA ITU MILIK ALLAH SEMUANYA. Anda boleh ambil sebagai bahan rujukan ataupun bahan posting di blog-blog atau website anda TANPA PERLU MEMBERI SEBARANG KREDIT KEPADA BLOG INI.